#navbar-iframe { display: none !important; } Blog Kang Cepot: Alasan Cewek Gampang Tersinggung

Tuesday 7 February 2012

Alasan Cewek Gampang Tersinggung


Konon katanya, cewek adalah makhluk yang lemah, mudah tersinggung, moody-an, serta gampang menangis. Namun dengan muncul cewek-cewek cerdas, menjadi pemimpin. Bisa menahan amarah, kuat dan berfikir rasional, sepertinya apa yang sudah menjadi cirinya, terpatahkan sudah. Namun kenapa takdir itu sempat menjadi ciri khas cewek ya?
Kondisi yang bisa disebut negatif itu ternyata dipengaruhi banget sama otak cewek itu sendiri. Dimana mudah mengalami depresi, stress, dan berubah-ubah suasana hatinya. Dibanding cowok sih, kemungkinan cewek jelas lebih gede. Karena memang ada studinya nih. Dimana peneliti menemukan sekitar 1 dari 4 cewek dilaporkan mengalami depresi. Tapi dikalangan cowok, hanya 1 dari 10 orang.  Hal ini ada kemungkinan berhubungan dengan otak cewek yang menghasilkan hormon serotin (hormon bahagia) lebih sedikit disbanding cowok-cowok . Nah kalau cowok mampu memproduksi serotin sebanyak 52 persen dalam otaknya. Yang tentunya lebih banyak disbanding cewek.
Kemungkinan kondisi ini ada hubungannya dengan perbedaan hormon seks juga sih. Hromon estrogen dan progesterone pada cewek, sepertinya sudah akrab banget nih sama cewek. Sehingga bisa mempengaruhi prilakunya. Dan katanya sih, tingkat fluktuatif hormonnya juga besar.
Dr. Andri Novac, seorang Profesor Klinis Psikiatri dari University of California Irvine School of Medizini bilang, kalau estrogen bisa merangsang reseptor serotonin di otak. Saat kadar hormonnya berfluktuatif tingkat sensitifitas serotinnya juga mengalami perubahan. Akibatnya, jumlah hormon yang dibutuhkan menjadi berkurang. Nah kenapa cewek jadi moody-an. Apalagi deket-deket atau saat menstruasi. Kondisi ini juga akhirnya berpengaruh banget sama kemampuan otak atau kelenjar adrenalin untuk mengatur suasana hati dan seksualitasnya.
Terkurasnya serotonin di otak disebabkan oleh stress, pola makan yang buruk, kurang olahraga dan kurang kena sinar matahari. Bagaimana memperbaikinya? Konsumsi aja protein tinggi, seperti keju, atau kalkun tanpa mengurangi asupan kalorinya. Cara lainnya adalah bisa mengonsumsi karbohidrat yang bisa merangsang pelepasan insulin. Beberapa ahli sih merekomendasikan kentang panggang polos untuk dikonsumsi sebelum tidur. Nah kan… coba cewek-cewek , lebih rileks dalam mengatasi berbagai kondisi, biar otak lebih dingin dan kondisi mood jadi bagus.

Sumber: Tabloid Majalah gaul Edisi 20 – 26 Juni 2011

No comments:

Post a Comment