#navbar-iframe { display: none !important; } Blog Kang Cepot: Printer 3D Bisa cetak Tulang Buatan

Wednesday 1 February 2012

Printer 3D Bisa cetak Tulang Buatan


Printer 3D yang dapat menghasilkan bentuk 3 dimensi, selain dapat dimanfaatkan oleh para desain, dapat pula dimanfaatkan di dunia medis untuk menghasilkan tulang buatan. Ini berkat hasil penelitian seorang ilmuwan dari Washington State University, Amerika serikat. Mereka menemukan teknik membuat tulang baru menggunakan printer 3D komersial.
Cara kerjanya, printer tersebut akan menyemprotkan semacam bahan plastik diatas bubuk fosfat kalsimum mirip tulang. Bahan ini lantas diberi tambahan silikon dan zinc agar memperkuat fungsinya sebagai tulang buatan. Menurut Today in Tech, Printer akan bekerja mencetak bentuk seperti yang sudah digambarkan pada computer.
Adapun pembuatan tulang buatan ini memakan waktu cukup lama, karena dikerjakan selapis demi selapis agar lebih kuat. “Tulang buatan ini tidak benar-benar menggantikan tulang sungguhan.” Terang salah satu ilmuwan, Profesor Susmita Bose. Sejauh ini uji coba dilakukan terhadap tikus dan kelinci terbilang sukses. Nantinya para dokter bisa menggunakan berbagai teknik untuk kepentingan medis, misalnya menumbuhkan tulang dalam prosedur ortopedik, membuat gigi baru atau mengobati osteoporosis.

No comments:

Post a Comment