#navbar-iframe { display: none !important; } Blog Kang Cepot: Bolu dan Brownies dari Bunga Bangkai

Saturday 28 January 2012

Bolu dan Brownies dari Bunga Bangkai


Kue bolu, brownies, cheese stick dan onde biasanya terbuat dari tepung terigu. Namun, kali ini semua jenis makanan tersebut bisa dibuat dari umbi Suweg (Amorphophallus paeoniifolius) yang masih kerabat dari bunga bangkai (Amorphophallus titanium). Dan rasanya pun tidak jauh berbeda dengan kue dari bahan tepung terigu biasa. Hanya terkesan lebih kenyal dan pekat dengan warna cenderung lebih butek.

Salah seorang peneliti Yuzammi mengatakan, selama ini orang hanya suweg (Amorphophallus paeoniifolius) adalah bunga bangkai dengan bau yang menyengat saat mekar. Namun di balik itu sebenarnya umbi suweg serta bunga bangkai jenis lainnya menyimpan potensi sebagai bahan pangan.

Menurut Yuzammi sampai sejauh ini, belum semua umbi bunga bangkai diteliti aman dan tidaknya potensi bahan pangan yang ada. Hanya saja, berdasarkan penelitian bersama tim, umbi suweg (Amorphophallus paeoniifolius) berpotensi untuk mencegah beberapa penyakit degeneratif seperti jantung koroner. Selain itu juga bisa menekan peningkatan gula darah sehingga cocok untuk penderita diabetes mellitus. Umbi suweg (Amorphophallus paeoniifolius) berdasarkan penelitian bisa menurunkan kolesterol dalam darah dan mampu mengikat kolesterol setara dengan obat instan.

Penelitian Yuzammi bersama timnya juga membuktikan jika kandungan gizi dan karbohidrat pada suweg tidak kalah dibandingkan dengan tepung lainnya. Hanya saja di lihat dari segi warna tepung suweg agak butek dan tidak putih bersih.

No comments:

Post a Comment