#navbar-iframe { display: none !important; } Blog Kang Cepot: Manfaat Jahe dan Jeruk Nipis bagi Kesehatan

Wednesday, 25 January 2012

Manfaat Jahe dan Jeruk Nipis bagi Kesehatan


Di Indonesia banyak jenis tumbuhan yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia, Diantara sekian banyak jenis tumbuhan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh yang telah dikenal dari jaman nenek moyang kita dahulu adalah jahe dan jeruk nipis.

Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman herbal semusim berupa jenis umbi-umbian yang sangat popular sebagai rempah-rempah dan bahan obat yang mempunyai aroma khas. Biasanya orang Indonesia mencampur jahe dalam minuman agar khasiat hangat dan kandungan herbalnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Belum lama ini Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui lembaga Pusat Studi Biofarma bekerjasama dengan Oxford Natural Product mengadakan penelitian tentang jahe dimana salah satu hasil penelitiannya menyatakan bahwa jahe merupakan tumbuhan memiliki komponen yang berguna untuk mengobati 7 macam jenis penyakit. Jahe mengandung minyak astiri sekitar 1-3 persen. Komponen utama minyak astiri jahe yang menyebabkan bau harum adalah zingiberen dan zingiberol. Kandungan oleorosin jahe menyebabkan rasa pahit. Oleorosin jahe banyak mengandung komponen pembentuk rasa pedas yang tidak menguap. Komponen dalam oleorosin jahe terdiri atas gingerol, dan zingiberen, shagaol, minyak astiri dan resin. Pemberi rasa pedas dalam jahe yang utama adalah zingerol. Sejak dulu jahe dipergunakan sebagai obat, atau bumbu dapur dan aneka keperluan lainnya. Jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan, baik untuk membangkitkan nafsu makan dan pencernaan.

Jahe yang digunakan sebagai bumbu masak terutama berkhasiat untuk menambah nafsu makan, memperkuat lambung, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak astiri yang dikeluarkan rimpang jahe.

Secara umum jahe berkhasiat sebagai penghilang sakit/antiinflamasi, penghilang gangguan saluran pencernaan, meringankan rasa penat karena mabuk perjalanan, mual karena masuk angin dan menghangatkan perut dan hati. Sedangkan jeruk nipis (Citrus aurantifolia) memiliki kandungan asani sitrat dan vitamin C yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh, membersihkan toksin dalam tubuh sehingga baik pencernaan seperti untuk batu ginjal dan darah disamping itu baik juga untuk kulit, wajah dan kecantikan, selain untuk sariawan, batuk, mual dan mabuk serta sakit tenggorokan. Dikarenakan kandungan dari buah jeruk nipis yang begitu besar, banyak orang yang memanfaatkan buah jeruk tersebut sebagi buah alternatif kecantikan maupun obat. Banyak orang yang menyukai minuman yang terbuat dari jeruk nipis tersebut, hal ini karena iklim di Indonesia termasuk beriklim tropis makanya tak salah banyak orang yang menyukai buah tropis yang satu ini. Selain menyegarkan jeruk nipis sendiri dapat dijadikan sebagai obat atau kecantikan alternatif.

Banyaknya manfaat dari jahe dan jeruk nipis ini yang merupakan warisan pendahulu kita dan kita sebagai generasi penerus dapat berupaya untuk mengangkat dua bahan tradisional tersebut menjadi bentuk modern yang mudah untuk dikonsumsi serta untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Sumber: Harian Pikiran Rakyat

No comments:

Post a Comment