#navbar-iframe { display: none !important; } Blog Kang Cepot: Bagaimana Masa Depanku Nanti, Ya????

Wednesday, 25 January 2012

Bagaimana Masa Depanku Nanti, Ya????


Salah satu teman sekelasmu yaitu si A, sudah yakin dengan cita-citanya sebagai dokter. Sementara si B yang jago gambar, memilih untuk jadi pelukis. Si C tetap ingin jadi businessman sukses. Teman-teman sekelasmu kebanyakan sudah pasti dalam memilih jurusan untuk kuliah nanti, sedangkan kamu masih kebingungan. Aku sendiri mau gimana nih di masa depan nanti?

Hayo, siapa sih diantara kita yang tidak pernah mengajukan pertanyaan seperti diatas sama diri sendiri? Pertanyaan tersebut adalah salah satu pertanyaan paling umum dan cukup sensitive untuk dibahas, apalagi untuk kamu-kamu sebagai kaum remaja yang notabene merupakan generasi penerus bangsa. Sebagai penyandang titel generasi penerus bangsa, kita tidak bisa main-main dalam menentukan masa depan. Manusia mana yang bercita-cita membawa bangsanya menjadi bangsa yang buruk? Semua orang ngin yang terbaik. Oleh karena itu, kita juga harus bisa menentukan masa depan kita dengan baik.

Lalu, bagaimana menentukan masa depan? Agak aneh rasanya kalau kita bertanya seperti itu pada orang lain karena sebenarnya masa depan ditentukan oleh kita sendiri. Kitalah yang berhak dan bertanggung jawab atas masa depan kita masing-masing. Kita juga yang lebih mengenali diri kita sendiri lebih dari siapapun di bumi ini kan? Jadi, seharusnya kita sudah tahu cara menentukan masa depan masing-masing dong? Yup, betul banget.

Tapi bingung tentang masa depan itu tidak bingung kok. Ada sebagian orang yang sudah tahu pasti akan jadi apa di masa depannya nanti, tapi sisanya masih kebingungan. Mungkin kalian yang sedang membaca tulisan ini juga salah satunya. Kenapa ya, orang lain sudah bisa menentukan masa depannya dengan pasti?

Mereka yang sudah menentukan masa depannya dengan yakin, awalnya juga mengalami masa-masa kebingungan. Tapi mereka tidak berlarut-larut untuk memikirkannya. Mereka hanya focus pada apa yang mereka lakukan saat itu, dengan memaksimalkan kemampuan mereka.

Ini bukan masalah siapa yang punya uang atau bakat lebih lho. Mari kita alihkan pertanyaannya. Apakah kit sudah melakukan yang terbaik?

Selama ini, apakah kita sudah mengeluarkan seluruh kemampuan kita dalam melakukan setiap kesempatan yang datang dengan baik? Tidak masalah seberapa besar kemungkinannya ataupun dampaknya, tetap kita harus melaksanakannya dengan seluruh kemampuan kita agar kita bisa mencapai hasil yang terbaik. Bukan posisi yang terbaik yang kita tuju, tapi hasil maksimal yang bisa kita lakukan.

Oh ya, selain itu masa depan kita adalah milik kita masing-masing. Tak ada satu orang pun yang berhak mengendalikan hidup kita dan menentukan masa depan kita, sekalipun itu orang tua kita! Meskipun begitu, biarlah orang lain memberikan masukan atau saran untuk kita.

Masa depanmu adalah sekarang. Apa yang kita lakukan saat ini adalah yang nantinya akan menjadi masa depan kita. Masa depan sudah ada di genggaman tangan kita masing-masing jika kita tekun dan maksimal dalam melakukan apapun sekarang ini. Dengan begitu, tanpa sadar kita sudah menata masa depan kita sedikit demi sedikit. Tidak perlu bingung! Masa depan tidak akan lari kemana-mana. Masa depan bisa kita lihat dengan pasti. Cukup lakukan dengan kemampuan terbaikmu saat ini.

No comments:

Post a Comment