#navbar-iframe { display: none !important; } Blog Kang Cepot: Tahun Baru Semangat Baru

Wednesday 11 January 2012

Tahun Baru Semangat Baru


Di awal tahun 2012 ini, ada baiknya kita perbarui juga semangat kita, karena dengan adanya semangat, kita bisa melakukan segala sesuatu dengan baik. Seringkali kita temui seseorang yang mudah berkeluh kesah jika manusia kesulitan dalam hidupnya,mudah putus asa, dan sering menyalahkan orang lain akan kemalangan yang menimpa dirinya. Seolah-olah dia sudah kehilangan semangat juang dalam hidupnya. Sebetulnya hal tersebut tidak perlu terjadi seandainya dia memiliki semangat juang yang tinggi dalam hidupnya.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan semangat. Terutama bagi belia yang akan menghadapi berbagai ujian, ujian putus cinta,  ujian masuk perguruan tinggi, atau ujian kenaikan kelas, tentu memiliki semangat juang tinggi agar prestasi akademik yang terbaik bisa dicapai. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan semangat:
1.  Bergaullah dengan orang-orang yang bersemangat. Berkumpul dengan orang-orang yang selalu bersemangat, akan membuat kita ikut bersemangat menghadapi suatu tantangan, pikiran selalu terasa lapang. Selalu berinovasi mencari solusi dari suatu kesulitan, dan tak mudah putus asa. Jangan bergaul dengan orang-orang yang suka berkeluh kesah terhadap keadaan, karena akan menyempitkan pikiran kita.
2.  Pilihlah lagu-lagu atau kata-kata yang bisa memberikan semangat. Berhati-hatilah dalam memilih lagu-lagu atau kata-kata yang akan kita ucapkan/nyanyikan. Sebuah lagu jika dinyanyikan berulang-ulang, apabila jika dinyanyikan dengan penuh penghayatan, bisa mempengaruhi pikiran dan perasaan kita, sehingga berdampak pada tingkah laku kita.
3.  Terimalah segala sesuatu dengan hati. Hati diciptakan Allah berbentuk lunak, agar bisa bersifat menerima segala sesuatu yang menyentuhnya, sehingga kita dapat menerima ujian yang masuk ke hati kita dengan pasrah. Janganlah protes jika memperoleh suatu ujian, karena tindakan tersebut tidak akan efektif. Karena hati kita lunak, tidak keras tidak akan bisa menolak sesuatu yang menyentuhnya. Biarkanlah semuanya mengalir dengan tenang.
4.  Sertakan Allah dalam setiap langkah kita. Ingat, semua kesulitan yang kita terima itu adalah pemberian dari Allah SWT, maka berdo’a lah selalu kepada-Nya agar diberikan kekuatan didalam menghadapi cobaan itu. Dan tidak dapat dimungkiri lagi, bahwa solusi utama dari setiap permasalahan yang kita hadapi adalah Allah SWT. Kembalikanlah semua permasalahan yang kita hadapi sepenuhnya kepada Allah SWT. Seringkali seseorang menganggap besar masalah yang dihadapinya. Dia tidak menyadari bahwa ada Allah Yang Mahabesar dibalik semua perkara.

Nah itulah tips dari saya bagi kamu-kamu yang belia untuk menyongsong tahun 2012 ini dengan penuh semangat. Siapa tahu dengan penuh semangat, cita-cita kita akan tercapai………Amieeen.

No comments:

Post a Comment