#navbar-iframe { display: none !important; } Blog Kang Cepot: Tujuh Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Sunday 29 January 2012

Tujuh Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan


Akhir-akhir ini minat masyarakat terhadap bersepeda terus meningkat. Hal ini dapat terlihat dari terus bermunculannya komunitas olahraga bersepeda yang baru.Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang menarik dan dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa memandang status usia dan jenis kelamin. Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan sejumlah keuntungan dari aktivitas sederhana ini sebagai alat untuk mempromosikan kesehatan secara keseluruhan.
Ada tujuh manfaat buat kesehatan kita dari berolahraga bersepeda, yaitu:
1. Bersepeda baik untuk jantung anda
Olahraga bersepeda erat hubungannya dengan peningkatan kebugaran kardiovaskuler atau kesehatan pembuluh darah dan jantung, serta penurunan resiko penyakit jantung koroner.
2. Bersepeda baik untuk otot-otot
Mengendarai sepeda sangat baik untuk mengencangkan dan membangun otot terutama di bagian bawah tubuh seperti betis, paha, dan bagian  belakang.
3. Menjaga ukuran pinggang tetap ideal
Anda dapat membakar banyak kalori saat bersepeda, terutama ketika harus menggowes lebih cepat daripada biasanya. Bersepeda tidak hanya efektif dalam membantu anda menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan metabolism tubuh.
4. Memperpanjang umur
Bersepeda adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan umur anda. Sejumlah riset menunjukkan bahwa melakukan aktivitas bersepeda secara rutin telah dikaitkan dengan penambahan usia, bahkan ketika harus disesuaikan dengan resiko cedera saat mengendarai sepeda.
5. Bersepeda baik untuk koordinasi
Aktif menggerakkan kedua kaki untuk mengayuh, sementara kedua tangan mengendalikan kemudi merupakan praktik yang baik untuk melatih keterampilan koordinasi tubuh anda.
6. Baik untuk kesehatan mental
Bersepeda telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental.
7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Bersepeda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sekaligus menjadi alat proteksi terhadap jenis penyakit kanker.

No comments:

Post a Comment