#navbar-iframe { display: none !important; } Blog Kang Cepot: Biji Anggur Berpotensi Membunuh Sel Kanker

Sunday, 29 January 2012

Biji Anggur Berpotensi Membunuh Sel Kanker



Biji anggur belakangan ini banyak diteliti khasiatnya bagi kesehatan. Salah satu yang terbaru adalah kemampuannya dalam mengatasi kanker kulit dan mencegah kebutaan. Tidak hanya itu, riset terbaru bahkan menunjukkan ekstrak biji anggur mampu untuk membunuh sel kanker dileher dan kepala. Temuan ini diterbitkan dalam journal carcinogenesis.

Menurut  seorang peneliti di University of Colorado Cancer center dan Profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences yang bernama Rajesh Agarwal, PhD bahwa Kelebihan dari ekstrak biji anggur ini adalah hanya membunuh sel-sel kanker saja tanpa mengganggu sel yang sehat. Akan tetapi keefektivan ekstrak biji anggur tetap tergantung dari kemampuan sel sehat untuk bertahan dari kerusakan. Sel-sel kanker cepat sekali menyebar, namun ada juga kondisi dimana mereka tidak bisa tumbuh sehingga kanker itu akan mati.

Menurut Agarwal lagi bahwa ekstrak biji anggur dapat menciptakan kondisi yang tidak menguntungkan bagi sel kanker, karena menghambat pertumbuhan sel kanker.

Agarwal berharap agar temuan ini dikembangkan lebih lanjut ke arah uji klinis. Ia mengatakan bahwa riset ini berpotensi sebagai tambahan untuk terapi lini kedua dalam mengobati kanker leher dan kepala.

Kanker kepala dan leher (diluar kanker otak, mata dan tulang belakang) rata-rata muncul pada usia 59 tahun. Penyebab kanker leher dan kepala biasanya disebabkan karena kebiasaan mengunyah tembakau, kebiasaan minum alcohol. Delapan puluh lima persen kanker leher dan kepala dihubungkan dengan penggunaan tembakau.

No comments:

Post a Comment