#navbar-iframe { display: none !important; } Blog Kang Cepot: Harvard Kembangkan Robot Elastis

Wednesday, 1 February 2012

Harvard Kembangkan Robot Elastis


Biasanya robot yang kita kenal mempunyai gerakan-gerakan yang lamban dan kaku, oleh karena itu pengembangan untuk menyempurnakan robot oleh para ahli semakin canggih. Kini para ilmuwan Harvard yang bekerja sama dengan pentagon sebagai penyumbang dana, sedang mengembangkan robot elastis. Robot ini  merupakan terobosan baru para ilmuwan dalam membuat prototipe robot dengan tubuh yang lunak.
Robot elastis ini bentuknya menyerupai gabungan antara tentakel oktopus dan bintang laut. Selain bisa bergerak robot berukuran panjang 12,7 cm ini bisa merangkak dan menyisipkan dirinya saat melewati ruang sempit. Keempat kakinya dapat dikontrol secara terpisah dengan memompa udara ke anggota badannya. Pompa dapat dilakukan dengan menggunakan computer atau secara manual. Aliran udara tersebut memungkinkan si robot bisa melakukan gerakan merangkap dan merayap.
Dibutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk pengerjaan robot tersebut. Robert Shepherd, ilmuwan asal Harvard mengatakan, keunggulan lainnya dari robot elastis ini adalah bisa melintasi permukaan yang licin, penuh kerikil, berlumpur, bahkan genangan liquid berbentuk jeli. Robot ini juga bisa digunakan pada medan perang atau untuk mendeteksi adanya ranjau darat sisa peperangan. Paparan mengenai robot elastis tersajikan secara online dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

No comments:

Post a Comment