#navbar-iframe { display: none !important; } Blog Kang Cepot: Jerawat

Thursday, 2 February 2012

Jerawat


Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Penyebab terjadinya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Tipe-Tipe Jerawat

•   Komedo

Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.
•  Jerawat Biasa

Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembab, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.
•  Jerawat Batu (Cystic acne)

Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki:
1.  Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak
2.  Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
3.  Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Cara Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang biasa menyerang wajah. Secara umum, prinsip perawatan kulit wajah sebagai berikut.
1.  Mencuci wajah 2 kali sehari max 3 kali sehari
2.  Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit anda
3.  sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak
4.  Minum air putih min 2ltr sehari
5.  Banyak konsumsi sayur-sayuran dan buah -buahan
6.  selalu pastikan kulit anda bersih sebelum tidur

Obat Jerawat

Obat jerawat bentuk gel / lotion bening dapat ditumpuk dengan moisturizer atau bedak tabur sehingga dapat dipakai saat akan keluar rumah kelebihan obat jerawat bentuk gel / lotion dapat menembus jauh kedalam folikel rambut dan menyembuhkan peradangan.

Obat jerawat bentuk krim fungsinya sama seperti bentuk lotion namun kelemahannya dapat menyumbat pori-pori.

Selain bentuk obat jerawat ada juga kandungan-kandungan obat jerawat seperti benzoil peroxide yang berfungsi sebagai anti bakteri. Benzoil Peroxide akan membantu membersihkan bakteri dipermukaan kulit, namun hati-hati pemakaiannya cukup didaerah yang berjerawat saja dan cukup sedikit saja.

Lalu asam salisilat yang dapat membantu mengelupaskan sel kulit mati. Resorcinol juga merupakan kandungan obat jerawat yang berfungsi sebagai anti jamur.

Jika jerawat anda parah dan disebabkan bakteri lain seperti staphylococcus biasanya dokter akan memberikan obat minum antibiotic yang dapat membunuh bakteri dari dalam. Dan ada juga obat jerawat minum yang dapat mengontrol sebum minyak dari dalam.

Obat-obatan diatas hanya mengobati dan menyembuhkan sementara.

Agar jerawat tidak muncul lagi jalani pola hidup sehat dan hindari faktor-faktor penyebab jerawat. 


Sumber: http://www.infokulit.com/obat-jerawat.php

No comments:

Post a Comment