#navbar-iframe { display: none !important; } Blog Kang Cepot: Cara Mengatasi Pegal karena High Heel

Sunday, 4 March 2012

Cara Mengatasi Pegal karena High Heel


Hampir semua perempuan suka memakai sepatu yang ber high heel, terutama mereka-mereka yang  bertubuh pendek. Bahkan di zaman sekarang ini sudah menjadi suatu trend untuk memakai sepatu high heel. Bagi sebagian kaum hawa, menggunakan high heel bisa meningkatkan rasa ‘pede’, khususnya bagi mereka yang selalu ingin tampil anggun dan yang memiliki postur tubuh tidak terlalu tinggi. Menggunakan high heel seolah menjadi faktor wajib untuk mempercantik penampilan. Akan tetapi, menggunakan high heel dalam kegiatan sehari-hari, ternyata sering membuat kaki terasa pegal dan lelah. Kesemutan, berdenyut-denyut dari telapak kaki hingga betis seringkali menyerang di saat kita mulai berbaring untuk beristirahat. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan.
1.      Rendam kaki dalam air garam
Air garam memiliki khasiat yang mujarab dalam mengobati pegal-pegal sejak zaman pengobatan kuno. Rendam kaki di dalam sebuah ember air hangat yang ditaburi garam kira-kira 5 – 20 menit. Lakukan setiap kali habis memakai high heel atau 1 hingga 2 kali seminggu, supaya pegal dan kesemutan hilang di saat menjelang tidur.
2.      Berjalan di atas bebatuan
Mungkin di halaman rumah kita ada bebatuan kecil (batu kali) yang lembut dan bulat/lonjong, terutama di pagi hari saat bebatuan terkena sinar matahari yang menyehatkan.Dengan berjalan mondar-mandir selama beberapa kali, kaki akan terasa seperti dipijat lembut dan hangat Pijatan inilah yang berfungsi memperlancar peredaran darah di telapak kaki, sehingga kaki menjadi lebih rileks dan nyaman.
3.      Melakukan stretching kaki
Lakukan pemanasan pada kaki setiap pagi sebelum beraktivitas. Gerakannya dapat dipadukan sendiri, mulai dari gerakan bersila, menarik ke depan dan belakang, sampai kaki terasa lebih nyaman dan otot terasa renggang.
4.      Meluruskan kaki saat tidur
Usahakan untuk tidur dengan kaki lurus. Kita juga bisa meletakkan bantal di atas kaki sehingga kaki tetap dalam keadaan lurus.
5.  Menggunakan sandal rumahan yang nyaman
Selalu kenakan sandal rumah yang nyaman di kaki di waktu-waktu santai. Pilihlah bahan sandal yang terbaik, misalnya dari paduan karet yang lembut sehingga tidak menyebabkan kaki sakit saat dipakai.

S

No comments:

Post a Comment