#navbar-iframe { display: none !important; } Blog Kang Cepot: Kecap dan Jeruk Nipis, Obat Mujarab

Tuesday, 31 January 2012

Kecap dan Jeruk Nipis, Obat Mujarab



Duet kecap dan jeruk nipis sebagai obat tradisional untuk batuk dan nyeri tenggorokan, ternyata bukan sekedar mitos atau isapan jempol semata. Pakar Ilmu Farmakognosi Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Sidik telah meneliti kandungan dan khasiat obat tersebut beberapa tahun lalu, dan hasilnya memang membuktikan bahwa paduan kecap dan jeruk nipis itu mampu mengatasi batuk.
Farmakognosi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tanaman atau hewan yang dapat digunakan sebagai obat alami yang telah melewati berbagai macam uji seperti uji farmakodinamik, uji toksikologi, dan uji biofarmasetika. Sidik mengatakan, satu sendok the yang dikucuri perasan jeruk nipis mengandung senyawa metabolic sekunder yang memiliki sifat antibiotic. Itu sebabnya, obat turunan dari nenek moyang ini dianggap mampu membunuh bakteri penyebab batuk dan sakit tenggorokan.
Jika ingin khasiat yang lebih dahsyat, sidik menganjurkan untuk menambahkan sesendok sambiloto (Andrographis paniculata Nees), meski harus siap dengan rasa pahit yang terkandung dalam tanaman tersebut. Menurut lulusan Leiden University Belanda itu, sambiloto mengandung andrografidin yang efektif sebagai antivirus, antibakteri, dan menstimulasipembentukan antibody di dalam tubuh. Itu sebabnya, sambiloto juga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.
Di tengah perubahan cuaca yang ekstrem, sidik menganjurkan agar masyarakat melakukan upaya pencegahan tertular penyakit, dengan cara menjaga daya tahan tubuh agar selalu fit. Selain mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Olahraga, juga sebaiknya membiasakan diri mengonsumsi tanaman-tanaman obat peningkat daya tahan tubuh.

No comments:

Post a Comment